Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Berprilaku Mulia sesuai Pancasila melalui Model Pembelajaran VCT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14142Abstract
Secara khusus penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam menerima pelajaran PKn agar hasil yang dicapai maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 13/I Muara Bulian sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui hasil tes formatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan performansi guru Indikator keberhasilan seperti rata-rata kelas >65, tuntas klasikal sekurang-kurangnya >62%. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada tema Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila. Pada siklus I nilai rata-ratanya 67.88 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 70,00%, Sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-ratanya 82.31 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 60% sedangkan pada siklus II yaitu 80%, sehingga terjadi kenaikan sebesar 20%. Performansi guru pada siklus I yaitu 81.30% sedangkan pada siklus II yaitu 89.84%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 8.53%.Downloads
Published
2023-05-05
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurhana Nurhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).