Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Berprilaku Mulia sesuai Pancasila melalui Model Pembelajaran VCT

Authors

  • Nurhana Nurhana SD Negeri 13/I Muara Bulian

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14142

Abstract

Secara khusus penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam menerima pelajaran PKn agar hasil yang dicapai maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 13/I Muara Bulian sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui hasil tes formatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan performansi guru Indikator keberhasilan seperti rata-rata kelas >65, tuntas klasikal sekurang-kurangnya >62%. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada tema Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila. Pada siklus I nilai rata-ratanya 67.88 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 70,00%, Sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-ratanya 82.31 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 60% sedangkan pada siklus II yaitu 80%, sehingga terjadi kenaikan sebesar 20%. Performansi guru pada siklus I yaitu 81.30% sedangkan pada siklus II yaitu 89.84%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 8.53%.

Downloads

Published

2023-05-05