Pengembangan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan Aplikasi Canva for Education Kelas 4 SD/MI

Authors

  • Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota Institut Agama Islam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan aplikasi Canva for Education pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 SD. Penelitian ini merupakan pengembangan instrumen pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Metode yang digunakan adalah Four-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Sasaran penelitian ini adalah mahamurid PGMI IAIN Pontianak yang mengambil mata kuliah Pengembangan PPKn SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen pembelajaran Pendidikan Pancasila SD/MI yang dikembangkan melalui proses Four-D dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan uji ahli. Instrumen pembelajaran tersebut terdiri dari kegunaan LKPD sebesar 100%, kualitas LKPD sebesar 96%, desain dan layout LKPD sebesar 100%. Instrumen pembelajaran PPKn SD/MI ini diharapkan dapat digunakan oleh mahamurid PGMI IAIN Pontianak sebagai referensi dalam mengembangkan bahan ajar yang berkualitas untuk pembelajaran PPKn di SD/MI.

Downloads

Published

2023-03-30