Pengembangan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan Aplikasi Canva for Education Kelas 4 SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13770Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan aplikasi Canva for Education pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 4 SD. Penelitian ini merupakan pengembangan instrumen pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Metode yang digunakan adalah Four-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Sasaran penelitian ini adalah mahamurid PGMI IAIN Pontianak yang mengambil mata kuliah Pengembangan PPKn SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen pembelajaran Pendidikan Pancasila SD/MI yang dikembangkan melalui proses Four-D dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan uji ahli. Instrumen pembelajaran tersebut terdiri dari kegunaan LKPD sebesar 100%, kualitas LKPD sebesar 96%, desain dan layout LKPD sebesar 100%. Instrumen pembelajaran PPKn SD/MI ini diharapkan dapat digunakan oleh mahamurid PGMI IAIN Pontianak sebagai referensi dalam mengembangkan bahan ajar yang berkualitas untuk pembelajaran PPKn di SD/MI.Downloads
Published
2023-03-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).