Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13398Abstract
Penggunaan media busy book dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran, hal ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini yang mempunyai dunia sendiri yaitu dunia bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media busy book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usai 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretes-Posttest. Populasi penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun di RA Baitul Athfal Kalirejo yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan membaca permulaan dan dokumentasi kegiatan penggunaan media busy book Analisisi data menggunakan Paired Samples T-Test dengan signifikasi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penggunaan media busy book memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Baitul Athfal Kalirejo.Downloads
Published
2023-03-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Alfina Wahyuningrum, Ismi Anggraini, Luthfi Aji Ramdani, Risdianto Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).