Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13385Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model project based learning terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 14.19.05 Gunungsari pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental design. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 14.19.05 Gunungsari dengan sampel 30 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui pendekatan project based learning. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis data dengan uji validitas, reliabilitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun meningkat setelah adanya perlakuan. Model project based learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 14.19.05 Gunungsari.Downloads
Published
2023-03-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dayem Dayem, Sulastri Sulastri, Iys Nur Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).