PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI DI DESA INDRASAKTI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1329Keywords:
Persepsi Orangtua, SmartphoneAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone pada anak usia dini, bentuk penggunaan Smartphone dan dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan smartphone di Desa Indra Sakti Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone bagi anak dari aspek pemahaman adalah kurangnya pemahaman orangtua penggunaan Smartphone adalah penggunaan smartphone tidak terlalu penting dan hanya sebagai hiburan, orangtua kurang suka terhadap penggunaan Smartphone; anak lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game daripada untuk belajar ataupun bemain di luar rumah dengan teman seusianya, dan intensitas penggunaan smartphone dikategorikan dengan intensitas tinggi. Dampak positif penggunaan Smartphone bagi anak yaitu; memudahkan komunikasi, memudahkan anak untuk belajar, dapat dijadikan media hiburan anak, dampak negatif penggunaan Smartphone bagi Anak yaitu, anak jadi malas-malasan, sering tidak menghiraukan panggilan maupun perintah orangtua, lupa waktu, teledor, merusak kesehatan dan kurang melakukan sosial lingkungan sekitar.References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Aisyah Siti. Dkk (2010). Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anggraeni,D.M & Saryono. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Arikunto, S. 2010. Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Astina Yenis. 2016. Bermain Stick Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok B Di Tk Desa Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015- 2016. Jurnal Penelitian
B.E.F. Mantolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Depdiknas. 2009. Kurikulum Permen 58, Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar Desmita. Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya; 2005.
Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ernawati, W. 2015. Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Penurunan Tajam Pengelihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Jurnal Proners 3(1). http://jurnal.untan.ac.id/index.p hp/jmkeperawatanFK/article/vi ew/10533.
Gunarsa, Singgih D, Yulia Singgih D. Gunarsa. 1983. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. PT BPK Gunung Mulia: Jakarta Pusat
Gunawan, Meta Anindya Aryanti. 2017. Hubungan durasi penggunaan smartphone terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik. Skripsi.
Tidak diterbitkan. Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdinas
Herodotou, C. (2018). Young children and tablets: A systematic review of effects on learning and development. Journal of Computer Assisted Learning, 34(1), 1-9.
Hurlock B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: ERLANGGA I Gede Irawan. 2009 www.scribd.com
Irmayanti, Y. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ismail Radjiman. 2016. Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Kelas B Melalui Metode Bermain Kelompok. Jurnal Penelitian
Ismanto, Yudi & Onibala, Franly. 2015. Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manad. Ejoural Keperawata Volume 3(2). FK Unsrat Manando.