Model Think Pair Share Berbasis Kinemaster untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13230Abstract
Penelitian memiliki tujuan mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Kinemaster terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X. Jenis penelitian menggunakan model quasi eksperimen dengan desain pretes-postes control group desaign. Total sampling pada kelas X SMA Yapim Taruna, dan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa menggunakan instrumen multiple choice dengan jumlah 20 soal yang sudah validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 50,25 dan untuk kelas kontrol adalah 51,33 Untuk uji kemampuan awal diperoleh =0,89 dan =2,002, ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda di akhir yaitu postes, dan diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen adalah 85,23 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai postes sebesar 80,22. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh harga untuk = 3,23 dan = 1,671, maka diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran TPS berbantuan KineMaster terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X SMA Swasta Yapim Taruna.Downloads
Published
2023-03-25
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).