Model Think Pair Share Berbasis Kinemaster untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa

Authors

  • Nani Sri Rezeki Universitas Darma Agung
  • Ika Trisni Simangunsong Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13230

Abstract

Penelitian memiliki tujuan mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Kinemaster terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X. Jenis penelitian menggunakan model quasi eksperimen dengan desain pretes-postes control group desaign. Total sampling pada kelas X SMA Yapim Taruna, dan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa menggunakan instrumen multiple choice dengan jumlah 20 soal yang sudah validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 50,25 dan untuk kelas kontrol adalah 51,33 Untuk uji kemampuan awal diperoleh  =0,89 dan =2,002, ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda di akhir yaitu postes, dan diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen adalah 85,23 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai postes sebesar 80,22. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh harga untuk  = 3,23 dan  = 1,671, maka diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran TPS berbantuan KineMaster terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X SMA Swasta Yapim Taruna.

Downloads

Published

2023-03-25