Pengaruh Media Musikalisasi Puisi pada Pembelajaran Mengapresiasi Puisi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13229Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media musikalisasi puisi pada pembelajaran mengapresiasi puisi di Kelas X SMK Negeri 3 Empat Lawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara nilai rata-rata pada pretest dan posttest media musikalisasi puisi pada pembelajaran megapresiasi puisi di kelas X SMK Negeri 3 Empat Lawang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa perbedaan yang terjadi antara nilai tes awal pretest dan nilai tes akhir posstest dengan hasil perhitungan didapatkan nilai sig. (2-tailed) thitung > ttabel yaitu (0,09 > 0,05).Downloads
Published
2023-03-25
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).