Menyusun Konstruk Kompetensi Sosial Guru Menggunakan Model Rasch dan Analisis Faktor

Authors

  • Desi Nurwidawati Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13130

Abstract

Guru adalah profesi yang menentukan prestasi siswa. Prestasi siswa yang cemerlang akan membawa perubahan generasi di masyarakat. Generasi yang dimaksud adalah generasi yang lebih baik daripada generasi-generasi sebelumnya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yang professional adalah kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun konstruk kompetensi sosial guru yang dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat skala penilaian kompetensi sosial guru. Analisis data menggunakan Model Rasch, Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk menentukan aitem fit, reliabitas, dan validitas item. Data diambil dari 187 guru sekolah menengah atas di Indonesia. Semua aitem mempunyai nilai loading factor 0.5, RSMEA 0.04, dan CFI 0.98. Koefisien reliabilitas Alpha Chronbach skala kompetensi guru tersebut dengan 13 adalah 0.83. Aspek-aspek kompetensi sosial guru terdiri dari aspek rasa hormat, komunikasi yang efektif, kolaborasi dan adaptasi, serta peduli.

Downloads

Published

2023-03-31