Aplikasi Strategi Pembelajaran Aplikasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Hadits Tarbawi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13072Abstract
Strategi pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan berbagai metode, pendekatan, dan model yang dapat digunakan. Rasulullah sebagai teladan yang baik telah mencontohkan strategi pembelajaran yang baik dalam mencetak generasi sahabat yang unggul dalam keilmuan. Nabi Muhammad SAW secara tersurat atau secara langsung dalam teks memang tidak menerangkan strategi pengajaran Islam yang sudah dilakukan kepada sahabat. Akan tetapi, strategi ini secara praktis langsung diterapkan oleh Nabi yang tercermin dalam berbagai Hadist. Untuk itu, aplikasi strategi pembelajaran Nabi dengan menggunakan strategi pembelajaran modern saat ini urgen untuk direalisasikan. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Upaya mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal, ini yang dinamakan metode. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Dalam tulisan ini ada beberapa hadits yang menggambarkan aplikasi strategi dan metode pembelajaran Nabi Saw.Downloads
Published
2023-03-20
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).