Aplikasi Strategi Pembelajaran Aplikasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Hadits Tarbawi

Authors

  • Isnaini Septemiarti STAI Nurul Hidayah Selatpanjang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13072

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan berbagai metode, pendekatan, dan model yang dapat digunakan. Rasulullah sebagai teladan yang baik telah mencontohkan strategi pembelajaran yang baik dalam mencetak generasi sahabat yang unggul dalam keilmuan. Nabi Muhammad SAW secara tersurat atau secara langsung dalam teks memang tidak menerangkan strategi pengajaran Islam yang sudah dilakukan kepada sahabat. Akan tetapi, strategi ini secara praktis langsung diterapkan oleh Nabi yang tercermin dalam berbagai Hadist. Untuk itu, aplikasi strategi pembelajaran Nabi dengan menggunakan strategi pembelajaran modern saat ini urgen untuk direalisasikan.  Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Upaya mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal, ini yang dinamakan metode. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Dalam tulisan ini ada beberapa hadits yang menggambarkan aplikasi strategi dan metode pembelajaran Nabi Saw.

Downloads

Published

2023-03-20