Diagnosing Students Errors in English Pronounciation by Using Elsa Speak Application
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13006Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan sangat penting bagi kehidupan manusia terutama dalam pengucapan bahasa Inggris. Pelafalan adalah bunyi yang dihasilkan dan didengar oleh pendengar dan terdiri dari dua macam yaitu vokal dan konsonan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pengucapan mahasiswa dan untuk mengetahui jenis kesalahan apa saja yang terjadi dalam pengucapan bahasa Inggris pada mahasiswa tahun ketiga Jurusan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Medan berdasarkan Aplikasi ELSA Speak. Desain penelitian untuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diambil dari dokumentasi dan tes pronounciation dengan menggunakan Aplikasi ELSA Speak. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Penulis mengambil sampel yang terdiri dari 15 siswa. Data menunjukkan bahwa siswa memperoleh skor 58,02, kategori hampir benar dan jenis kesalahan yang dominan terjadi pada huruf vokal adalah i, pada konsonan adalah k dan siswa lebih sering melakukan kesalahan berdasarkan teori dari Bonaventure yaitu Overgeneralization.Downloads
Published
2023-03-27
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ayu Grasella Simanjuntak, Kammer Tuahman Sipayung, Sahlan Tampubolon, Efron Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).