Implementation of Role-Playing Method to Improve Eleventh Grade Students’ Speaking

Authors

  • Dewi Apriyani University PGRI Palembang
  • Artanti Puspita Sari University PGRI Palembang
  • Masagus Firdaus University PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12887

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data tentang kemampuan berbicara siswa dilakukan dengan cara pengamatan pembelajaran siswa dengan menggunakan metode role playing. Pada Siklus 1 skor total adalah 1622 dengan rata-rata 67,58%. Siklus 2, skor total adalah 1875 dengan rata-rata 78,12%. Siklus 3 skor total adalah 2022 dengan rata-rata 84,25%. Dari prestasi berbicara siswa pada siklus 3 telah berhasil meneliti target yang sesuai dengan harapan guru. Artinya 85% nilai siswa diatas nilai kelulusan. Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan metode role play oleh guru dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Downloads

Published

2023-03-21