Implementasi Layanan Konseling Individu Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa

Authors

  • M. Harwansyah Putra Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suci Andini Abbas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Vira Sefira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wanda Widiya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12863

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengidentifikasi implementasi konseling individual untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa karena merasa insecure dan mengidentifikasi permasalahan apa saja yang terjadi ketika mengimplementasikan konseling individual di Kelas VIII-3 MTS Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan kepada guru BK di MTS Negeri 2 Medan. Dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti, peneliti memakai beberapa metode untuk mengumpulkan informasinya di antaranya menggunakan metode observasi, dokumentasi, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan implementasi layanan konseling individu sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan rasa percaya diri siswa, karna melalui layanan konseling individu dapat menjadikan siswa lebih percaya diri.

Downloads

Published

2023-03-13