PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ulfa Anggraini Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Amir Luthfi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1284

Keywords:

Strategi PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca khususnya membaca pemahaman di SD Negeri 002 Kuok. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman dengan strategi PQ4R lebih tinggi daripada keterampilan membaca pemahaman dengan strategi KWL. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,038) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh strategi PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan strategi KWL, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok.

References

Adlina, Z. (2011). Penerapan Strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Surat Pendek Kelas IV SDN 031 Pandau Jaya Kec. Siak Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Agesty, R.R. (2019). Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelectual) Terhadap hasil belajar Pembelajaran Tematik Siswa. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Ahmad, F.Z., & Damayanti, M.I. (2013). “Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasarâ€.JPGSD. Vol 1, (2), 0-216.

Arikunto, S & Safrudin, C. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hayati, N.A. (2018). Pengaruh Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Hidayah, A. (2017). “Pengembangan Model TIL (The Information Literacy) Tipe the BIG6 dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolahâ€. Jurnal Pena. Vol 4, (1), 623-635.

Mendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mendiknas

Nafi’ah, S.A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Rahayu, R.A., dkk. (2018). “Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggiâ€. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 3, (2), 48-56.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rizal, M.S.. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 020 Kuokâ€. Jurnal Basicedu. Vol 2, (1), 111-119.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Widianingrum, D. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Wulansari, G., dkk. (2014). “Strategi Belajar PQ4R Berpengaruh Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2013/2014â€. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, (1), 27-43.

Yulita, S., dkk. (2019). “Pengaruh Strategi Belajar PQ4R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 66 Pontianak Kotaâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 8, (5), 32-48.

Zani, P. (2018). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Zarisman, F. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Downloads

Published

2021-03-01