Perbedaan Kemampuan Membaca Intensif dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan Direct Intruction
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12834Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membaca intensif dengan menggunakan model CIRC dan DI ditinjau dari minat baca siswa kelas XII. Jenis penelitian ini quasi eksperimen (eksperimen semu). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan empat hal berikut. Pertama, keterampilan membaca intensif siswa yang diajar dengan model CIRC pada kelas eksperimen I lebih baik daripada siswa yang diajar dengan DI pada kelas eksperimen II. Kedua, keterampilan membaca intensif pada siswa dengan minat baca tinggi siswa yang diajar dengan CIRC pada kelas eksperimen I lebih baik dari pada kemampuan awal dengan minat baca tinggi pada siswa yang diajar dengan model DI pada kelas eksperimen II. Ketiga, keterampilan membaca intensif dengan minat baca rendah siswa yang diajar dengan model CIRC pada kelas eksperimen I tidak jauh berbeda daripada dengan minat baca rendah pada siswa yang diajar dengan model Direct Instruction pada kelas eksperimen II. Keempat, tidak terdapat interaksi antara minat baca dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi keterampilan membaca intensif.Downloads
Published
2023-04-10
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Noprieka Suriadiman, Fenny Anita, Ripi Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).