Pengaruh Media Jam Kata terhadap Keterampilan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Elzy Dwike Putri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12741

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya keterampilan membaca anak yang disebabkan oleh penggunaan media, metode dan pendekatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media jam kata terhadap keterampilan membaca anak di Taman Kanak-kanak Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi ekperimental dengan jenis nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable bebas dari media jam kata terhadap variable terikat keterampilan membaca anak setelah digunakan. Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan dan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 6 butir dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan SPSS 26 for mindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui (2-trailed) adalah sebesar 0,022<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media jam kata berpengaruh terhadap keterampilan membaca anak di Taman Kanak-kanak Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman.

Downloads

Published

2023-03-13