Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mendayagunakan Media Pembelajaran melalui In House Training di TK Negeri Pembina Kecamatan Batang Anai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12698Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meingkatkan kemampuan guru dalam mendayagunakan media pembelajaran melalui in house training. Penelitian Tindakan Sekolah adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan subjeknya adalah guru Taman Kanak-kanak. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Pada siklus I didapat hasil 66,4% guru dapat mendayagunakan media pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan guru belum terbiasa menggunakan media gambar atau yang lainnya dalam pembelajaran. Sedangkan pada siklus II didapat hasil 72,8% guru dapat mendayagunakan media pembelajaran. Hal tersebut disebabkan guru sudah mulai terbiasa menggunakan setelah diberikan perlakuan dan arahan dari kepala sekolah. Terjadi peningkatan dalam memberdayagunakan media pembelajaran oleh guru. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang didapat pada siklus I yang terjadi peningkatan pada siklus II.Downloads
Published
2023-03-07
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).