Deskripsi Motivasi Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12475Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan faktor yang mempengaruhinya pada pembelajaran tematik di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Pontianak Selatan. Hasil penelitian ini bisa dilihat pada hasil lembar observasi berdasarkan indikator motivasi belajar yaitu tekun menghadapi tugas (baik), ulet menghadapi kesulitan (baik), menunjukan minat terhadap masalah-masalah untuk orang dewasa (baik), lebih senang bekerja mandiri (baik), cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin (sangat kurang), dapat mempertahankan pendapatnya (sangat baik), tidak mudah melepaskan hal-hal yang diyakini itu benar (baik), senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal (sangat baik). Terdapat pengaruh yang positif pada faktor internal dan eksternal motivasi belajar siswa ditandai adanya hasrat dan keinginan berhasil yang tinggi dari siswa, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif.Downloads
Published
2023-02-24
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).