Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di SDN 03 Tiumang Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12463Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan media Powerpoint interaktif pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial serta dapat mengetahui Langkah pengembangan media powerpoint interaktif yang dapat dikatakan layak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (four D). Hasil penelitian ini dari penilaian validasi media powerpoint interaktif muatan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas uji validasi ahli mempunyai skor rata-rata 86,68% termasuk kategori sangat valid, dinyatakan sangat valid yaitu kesahihan media dari aspek Bahasa, isi, dan konstruk, dari suatu media sehingga media tersebut layak digunakan. Uji pratikalitas dengan skor 85,02% dikategorikan sangat praktis. Sedangkan hasil efektifitas Media Powerpoint interaktif muatan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V dengan skor 80% dikategorikan efektif, berdasarkan hasil dari uji validitas, uji pratikalitas, dan uji efektifitas pada Media Powerpoint interaktif muatan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V layak digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah.Downloads
Published
2023-02-24
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).