Implementasi Program Fun Learning dengan Metode Gerakan Tiga Bahasa dalam Pembelajaran Al-qur’an di Betong Junior Khalifah School Thailand
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12451Abstract
Tujuan pembelajaran Al-Qur’an sendiri agar anak-anak mampu membaca, menulis, serta mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan anak-anak dalam mengingat, memahami, dan mampu mengulang kembali apa yang mereka katakan, sehingga dengan seiring waktu mereka dapat menghafalnya dengan metode gerakan tiga bahasa sesuai dengan bahasa Al-Qur’an yaitu bahasa arab, bahasa yang mereka gunakan sehari-hari yaitu bahasa Thailand, serta untuk menambah kosakata mereka dalam bahasa melayu. Penelitian ini juga di latarbelakangi oleh pembelajaran ataupun aktivitas pembelajaran yang pasif, karena hanya melibatkan apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajarannya. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 2, 3 dan 4 serta beberapa guru di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat antusias murid dalam menggunakan metode ini, serta ditemukannya hal lain bahwa dalam pembelajaran pendampingan guru serta pemilihan metode dan media pembelajaran menjadi hal yang sangat penting.Downloads
Published
2023-02-24
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Nilam Sary P, Hasrian Rudi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).