Implementasi Program Fun Learning dengan Metode Gerakan Tiga Bahasa dalam Pembelajaran Al-qur’an di Betong Junior Khalifah School Thailand

Authors

  • Nur Nilam Sary P Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrian Rudi Setiawan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12451

Abstract

Tujuan pembelajaran Al-Qur’an sendiri agar anak-anak mampu membaca, menulis, serta mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan anak-anak dalam mengingat, memahami, dan mampu mengulang kembali apa yang mereka katakan, sehingga dengan seiring waktu mereka dapat menghafalnya dengan metode gerakan tiga bahasa sesuai dengan bahasa Al-Qur’an yaitu bahasa arab, bahasa yang mereka gunakan sehari-hari yaitu bahasa Thailand, serta untuk menambah kosakata mereka dalam bahasa melayu. Penelitian ini juga di latarbelakangi oleh pembelajaran ataupun aktivitas pembelajaran yang pasif, karena hanya melibatkan apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajarannya. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 2, 3 dan 4 serta beberapa guru di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat antusias murid dalam menggunakan metode ini, serta ditemukannya hal lain bahwa dalam pembelajaran pendampingan guru serta pemilihan metode dan media pembelajaran menjadi hal yang sangat penting.

Downloads

Published

2023-02-24