Analisis Konstruksi Flipchart Literasi Numerasi Merdeka Belajar dengan Pendekatan Educational Art
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12449Abstract
Penerapan kontekstual learning salah satunya dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran berbasis “merdeka belajar” menjadi Pembelajaran Emas Abad 21. Tujuan penelitian ini mendampingi kepada guru-guru menyusun “merdeka belajar”, guru-guru MI Tajinan malang berbasis “merdeka belajar” yang dapat dimanfaatkan guru guna mendukung kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan pendampingan literasi numerasi merdeka belajar dengan pendekatan educational art berbasis merdeka belajar akan sangat membantu peserta didik dan akan berdampak lebih signifikan (pembelajaran menjadi estetik, menjadi artistic dan penuh karya kreatif) karena peserta didik mengalami secara langsung. Metodologi Penelitian ini dengan pendekatan Kualitatif dengan Teknik Pendampingan langsung melalui tahapan (Reduction, Collection data, Reduction data dan Seleksi data) oleh Huberman, Hasil dari Penerapan literasi dan numerasi Berbasis “merdeka belajar” yang memberikan dampak positif pengalaman guru-guru dalam membuat karya dan memudahkan peserta didik yang dikatakan sangat efektif akan melahirkan generasi unggul. Pelaksanaan Pendampingan hingga Evaluasi pendampingan Literasi dan Numerasi Merdeka Belajar dengan pendekatan Educational Art.Downloads
Published
2023-03-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Arina Restian, Erna Yayuk, Dyah Worowirastri Ekowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).