Analisis Konstruksi Flipchart Literasi Numerasi Merdeka Belajar dengan Pendekatan Educational Art

Authors

  • Arina Restian Universitas Muhammadyah Malang
  • Erna Yayuk Universitas Muhammadyah Malang
  • Dyah Worowirastri Ekowati Universitas Muhammadyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12449

Abstract

Penerapan kontekstual learning salah satunya dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran berbasis “merdeka belajar” menjadi Pembelajaran Emas Abad 21. Tujuan penelitian ini mendampingi kepada guru-guru menyusun “merdeka belajar”, guru-guru MI Tajinan malang berbasis “merdeka belajar” yang dapat dimanfaatkan guru guna mendukung kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan pendampingan literasi numerasi merdeka belajar dengan pendekatan educational art berbasis merdeka belajar akan sangat membantu peserta didik dan akan berdampak lebih signifikan (pembelajaran menjadi estetik, menjadi artistic dan penuh karya kreatif) karena peserta didik mengalami secara langsung. Metodologi Penelitian ini dengan pendekatan Kualitatif dengan Teknik Pendampingan langsung melalui tahapan (Reduction, Collection data, Reduction data dan Seleksi data) oleh Huberman, Hasil dari Penerapan literasi dan numerasi Berbasis “merdeka belajar” yang memberikan dampak positif pengalaman guru-guru dalam membuat karya dan memudahkan peserta didik yang dikatakan sangat efektif akan melahirkan generasi unggul. Pelaksanaan Pendampingan hingga Evaluasi pendampingan Literasi dan Numerasi Merdeka Belajar dengan pendekatan Educational Art.

Downloads

Published

2023-03-30