Penerapan Pembelajaran Kooperatif Struktural Think Pair Square (TPS) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Watini Watini SMP Negeri 1 Mempura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.12418

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Penerapkan Model Pembelajaran Kooperatif  Struktural Think Pair Square apakah menunjukkan peningkatan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa kelas VIII.2. Metode Penelitian adalah tindakan kelas atau Classroom Action Research. Hasil Penelitian terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai hasil belajar pada ulangan harian I menjadi 28% dan selanjutnya terjadi peningkatan pada ulangan harian II menjadi 94%. lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik terlihat bahwa proses pembelajaran proses pembelajaran semakin membaik. Aktivitas guru telah sesuai dengan perencanaan dan peserta didik juga sudah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan guru (peneliti) sehingga peserta didik bersemangat dan partisipatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, dimana melalui tahapan pembelajaran yang diterapkan peserta didik dituntut untuk berpikir secara individu kemudian mendiskusikannya dengan pasangan dan kelompok.

Downloads

Published

2023-06-21