Penerapan Pembelajaran Kooperatif Struktural Think Pair Square (TPS) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.12418Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Penerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Struktural Think Pair Square apakah menunjukkan peningkatan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa kelas VIII.2. Metode Penelitian adalah tindakan kelas atau Classroom Action Research. Hasil Penelitian terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai hasil belajar pada ulangan harian I menjadi 28% dan selanjutnya terjadi peningkatan pada ulangan harian II menjadi 94%. lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik terlihat bahwa proses pembelajaran proses pembelajaran semakin membaik. Aktivitas guru telah sesuai dengan perencanaan dan peserta didik juga sudah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan guru (peneliti) sehingga peserta didik bersemangat dan partisipatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, dimana melalui tahapan pembelajaran yang diterapkan peserta didik dituntut untuk berpikir secara individu kemudian mendiskusikannya dengan pasangan dan kelompok.Downloads
Published
2023-06-21
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Watini Watini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).