Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan

Authors

  • Johan Indrus Tofaynudin Universitas Al Falah Assunniyyah Kencong Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12406

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor-faktor pembentuk brand image di MTs As-Sunniyyah Kencong Jember. (2) Mendeskripsikan langkah-langkah strategi sekolah membangun brand image dalam meningkatkan daya saing di MTs As-Sunniyyah Kencong Jember. (3) Mendiskripsikan dampak pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing di MTs As-Sunniyyah Kencong Jember. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan kesimpulan sebagai berikut: Faktor pembentukan brand image sekolah, meliputi: 1) Tuntutan akreditasi, 2) tingkah laku siswa, 3) prestasi, 4) kualitas lulusan, 5) kegiatan unggulan sekolah, dan 6) hubungan alumni. Langkah-langkah strategi sekolah membangun brand image dalam meningkatkan daya saing sekolah meliputi: 1) akreditasi kelembagaan: proses analisis SWOT, evaluasi 8 SNP, 2) tingkah laku siswa: menggarap program unggul keagamaan, menanamkan nilai-nilai pesantren, 3) prestasi: pembinaan terhadap siswa, meningkatkan kualitas guru, 4) kualitas lulusan: mengadakan program pembimbing akademik, 5) kegiatan unggulan sekolah: mengikut sertakan warga sekolah dan alumni dalam kegiatan, dan 6) hubungan alumni: mengadakan kegiatan alumni mengajar. Dampak pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing sekolah, yakni: 1) kualitas pelayanan guru dan karyawan menjadi lebih baik; 2) minat masuk masyarakat dan alumni terhadap sekolah meningkat; 3) siswa memiliki akhlak yang baik; 4) kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap sekolah.

Downloads

Published

2023-02-21