Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12406Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor-faktor pembentuk brand image di MTs As-Sunniyyah Kencong Jember. (2) Mendeskripsikan langkah-langkah strategi sekolah membangun brand image dalam meningkatkan daya saing di MTs As-Sunniyyah Kencong Jember. (3) Mendiskripsikan dampak pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing di MTs As-Sunniyyah Kencong Jember. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan kesimpulan sebagai berikut: Faktor pembentukan brand image sekolah, meliputi: 1) Tuntutan akreditasi, 2) tingkah laku siswa, 3) prestasi, 4) kualitas lulusan, 5) kegiatan unggulan sekolah, dan 6) hubungan alumni. Langkah-langkah strategi sekolah membangun brand image dalam meningkatkan daya saing sekolah meliputi: 1) akreditasi kelembagaan: proses analisis SWOT, evaluasi 8 SNP, 2) tingkah laku siswa: menggarap program unggul keagamaan, menanamkan nilai-nilai pesantren, 3) prestasi: pembinaan terhadap siswa, meningkatkan kualitas guru, 4) kualitas lulusan: mengadakan program pembimbing akademik, 5) kegiatan unggulan sekolah: mengikut sertakan warga sekolah dan alumni dalam kegiatan, dan 6) hubungan alumni: mengadakan kegiatan alumni mengajar. Dampak pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing sekolah, yakni: 1) kualitas pelayanan guru dan karyawan menjadi lebih baik; 2) minat masuk masyarakat dan alumni terhadap sekolah meningkat; 3) siswa memiliki akhlak yang baik; 4) kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap sekolah.Downloads
Published
2023-02-21
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).