Analysis of Science Skill Process in Application of Integrated Etnhoscience Inquiry Model for 4th Grade Students of SD Inpres Tadat

Authors

  • Maria Herliyani Dua Bunga Universitas Nusa Nipa
  • Maria Fransiska Yuniati Universitas Nusa Nipa
  • Genoveva Lise Dua Kowe Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12403

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan etnosains dan mengetahui keterampilan proses sains siswa kelas 4 SD Inpres Tadat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods) dengan pendekatan Convergent Parallel Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh ??????? adalah 6,460 dan ?????? pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk)=8 adalah 2,306. Berdasarkan kriteria uji ???????>????? (6,460>2,306) maka ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada penerapan etnosains berbantuan model pembelajaran inkuiri sains pada proses keterampilan terhadap siswa kelas 4 SD Inpres Tadat. Dengan perhitungan N-gain mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 70% dengan kategori sedang-kategori tertinggi.

Downloads

Published

2023-03-06