Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Menggunakan Tes Early Grade Reading Assesment

Authors

  • Kinanti Wahyu Trisna Mukti Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Ani Restuningsih Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12400

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketrampilan, faktor kesulitan, dan upaya guru menilai membaca permulaan peserta didik pada masa pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas II dan guru wali kelas II. Sumber data yang diperoleh di SD Negeri Karangtalun 2 berupa data primer yang didapatkan secara langsung menggunakan wawancara dengan kepala sekolah dan guru wali kelas II SD Negeri Karangtalun 2 serta pelaksanaan Tes EGRA terhadap peserta didik kelas II dan data sekunder didapatkan secara tidak langsung melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Ketrampilan membaca permulaan peserta didik ditunjukkan dengan hasil Tes Early Grade Reading Assesment (EGRA) dengan nilai rata-rata perolehan yaitu sebesar 78,23%. Terdapat faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan peserta didik yaitu, Faktor internal seperti minat dan motivasi yang kurang dari peserta didik. Dan faktor eksternal faktor yang datang dari lingkungan sekitar peserta didik contohnya dukungan orang tua wali murid. Serta faktor lain seperti faktor fisiologis, faktor social, dan emosional peserta didik. Tidak ada penilaian khusus terkait ketrampilan membaca permulaan. guru kelas hanya melakukan pelaporan hasil membaca secara berkala kepada wali murid.

Downloads

Published

2023-02-21