Layanan Bimbingan Klasikal dengan Symbolic Modeling Technique dalam Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12343Abstract
Layanan bimbingan klasikal dengan teknik model simbolik ini untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan jiwa wirausaha. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen group one group pretest-post-test design. Populasinya adalah 185 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Pengujian untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Data hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 11,354 > ttabel = 2,064. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terjadi peningkatan skor rata-rata yaitu dari rata-rata skor pretest 57,8 terjadi peningkatan skor posttest 88,3 sehingga terjadi peningkatan sebesar 30,6. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, berarti layanan bimbingan klasikal dengan teknik model simbolik berpengaruh terhadap peningkatan jiwa kewirausahaan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Metro. Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan teknik model simbolik dapat dijadikan salah satu alternatif pengembangan layanan bimbingan klasikal di sekolah agar lebih efektif dan memudahkan penyampaian materi kepada siswa.Downloads
Published
2023-02-24
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mudaim Mudaim, Ana Septiani, Agus Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).