An Analysis of Theme Types of Luke Chapter 17 in the English Standard Version Bible
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12313Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi tekstual seperti tipe-tipe tema teks Alkitab Lukas Bab 17 di situs Biblegateway. Data penelitian ini adalah klausa bahasa Inggris dari English Standard Version (ESV) yang terdiri dari 44 klausa dari 5 subtopik Lukas Bab 17. Sumber data untuk penelitian ini adalah teks versi Alkitab English Standard Version (ESV) Edisi 2016 di situs Alkitab online Biblegateway. Bab Injil Lukas 17 terdiri dari 5 subjudul, yaitu (1) Pencobaan terhadap Dosa, (2) Tingkatkan Iman Kita, (3) Hamba yang Tidak Layak, (4) Yesus Membersihkan Sepuluh Penderita Kusta, dan (5) Kedatangan Kerajaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Linguistik Fungsional Sistemik Halliday. Pendekatan model teknis analisis data penelitian ini adalah dari Eggins (2004: 314; 318-320) mengenai (1) empat jenis tema (Eggins, 2004: 300-316); (2) analisis jenis tema dalam kalimat deklaratif; (3) analisis tipe tema dalam deklaratif elips; (4) analisis tipe tema dalam interogatif WH; (5) analisis jenis tema dalam imperatif; (6) tema dalam kompleks klausa parataktis; (7) tema dalam kompleks klausa hipotaktik; dan (8) 3 jenis tambahan (Eggins, 2004: 160-170). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, hasil penelitian ini adalah: 1) empat jenis tema Lukas 17 dalam Alkitab English Standard Version (ESV) Edisi revisi 2016, yaitu (1) tema topikal sebanyak 42 item (61%), (2) tema interpersonal sebanyak 6 butir (9%), (3) tema tekstual sebanyak 18 butir (26%) dan (4) tema ganda sebanyak 3 butir (4%); 2) tema topikal (61%) merupakan jenis tema yang dominan pada teks alkitab Lukas Bab 17 dalam Alkitab English Standard Version (ESV) di situs Biblegateway.Downloads
Published
2023-02-14
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sahat Taruli Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).