Efektivitas Permainan Pohon Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12310Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memahami pengaruh efektivitas dari permainan pohon kata terhadap kemampuan mengenal huruf. Permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan pohon kata menggunakan APE pohon huruf yang dirangkai menjadi sebuah kata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group-Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 20 orang di TK Fathurrahman Kota Palembang. Oleh karena itu, analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji-t dan N-gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan anak mengenal huruf antara sebelum dan sesudah diberikan permainan pohon kata, 2) efektivitas permainan pohon kata dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf dinyatakan cukup efektif.Downloads
Published
2023-03-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Eric Okta Viani, Taty Fauzi, Rahmah Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).