Pengaruh Pemberian Simulasi Metode Bercakap-cakap terhadap Kreativitas Kemampuan Bercerita
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12286Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai pengaruh metode bercakap-cakap terhadap kreativitas kemampuan bercerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskritif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan melakukan tes sebelum dan sesudah melakukan perlakuan. Hasil penelitian menunjukan dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan ?=0,05 diperoleh. Hasil perhitungan SPSS dimana nilai mean menyatakan rata-rata sampel untuk nilai pretest X=2,96 dengan standar error Sx=0, 14697. Nilai t hitung=0,201 nilai p(t)=0,935. Sedangkan untuk nilai posttest X=3,60 dengan standar error Sx=0,10000. Nilai t hitung=0,360 nilai p (t)=0,873. Dengan demikian, Terlihat bahwa t hitung dengan probabilitas 0,201.dan 0,360 Oleh karena probabilitas 0,20>0,05, dan 0,360>0,05. Maka H0 diterima, dapat disimpulkan bahwa rata-rata Kreativitas kemampuan bercerita anak terhadap pemberian simulasi metode bercakap-cakap dengan nilai antara Pretest dan Postest, tidak jauh berbeda. Selanjutnya disimpulkan H0: rxy?0 : terdapat perbedaan kreativitas kemampuan bercerita sebelum dan sesusad menerapakan metode bercakap-cakap.Downloads
Published
2023-03-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ade Juanto, Basrowi Basrowi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).