Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12282Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepemimpinan visioner dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan dengan dilihat dari kepala sekolah, guru, staf kependidikan, kurikulum, sarana prasarana, sumber belajar. Metode yang digunakan adalah literatur dengan mengkaji dari beberapa bahan literatur yang masih terbaru mulai dari jurnal, buku, proseding, dan berbagai sumber baik online maupun offline. Untuk dapat meningkatkan kualitas dari hasil kajian dilakukan juga focus group discussion untuk mendapatkan berbagai masukan, koreksi, dan berbagai saran. Novelty penelitian ini yaitu mampu menunjukkan secara teoritik bahwa, mutu pendidikan dapat berpengaruh secara langsung dari kepemimpinan kepala sekolah yang visioner karena dalam hal ini kepala sekolah mampu memberikan arahan bagi para guru agar berkerja dengan kinerja yang baik sehingga adanya pengaruh yang signifikan yang terjadi pada sekolah tersebut.Downloads
Published
2023-02-24
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maria Ulpah, Ani Agustini, Luda Sofiah, Basrowi Basrowi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).