Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan

Authors

  • Maria Ulpah Universitas Bina Bangsa
  • Ani Agustini Universitas Bina Bangsa
  • Luda Sofiah Universitas Bina Bangsa
  • Basrowi Basrowi Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12282

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepemimpinan visioner dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan dengan dilihat dari kepala sekolah, guru, staf kependidikan, kurikulum, sarana prasarana, sumber belajar. Metode yang digunakan adalah literatur dengan mengkaji dari beberapa bahan literatur yang masih terbaru mulai dari jurnal, buku, proseding, dan berbagai sumber baik online maupun offline. Untuk dapat meningkatkan kualitas dari hasil kajian dilakukan juga focus group discussion untuk mendapatkan berbagai masukan, koreksi, dan berbagai saran. Novelty penelitian ini yaitu mampu menunjukkan secara teoritik bahwa, mutu pendidikan dapat berpengaruh secara langsung dari kepemimpinan kepala sekolah yang visioner karena dalam hal ini kepala sekolah mampu memberikan arahan bagi para guru agar berkerja dengan kinerja yang baik sehingga adanya pengaruh yang signifikan yang terjadi pada sekolah tersebut.

Downloads

Published

2023-02-24