Teaching Techniques Used to Enhance the Students’ Hortatory Writing Ability at English Department of FKIP Universitas HKBP Nommensen

Authors

  • Christina Natalina Saragi Universitas HKBP Nommensen
  • Lastri Wahyuni Manurung Universitas HKBP Nommensen
  • Winda Josefina Simamora Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12229

Abstract

Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi siswa dalam menulis hortatory exp osition lebih tinggi jika mereka diajar dengan menggunakan teknik pengajaran Collaborative Writing dari pada teknik pengajaran Clustering. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris semester lima tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian ini adalah 80 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu A dan B. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan teknik pengajaran menulis kolaboratif dan kelompok eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan teknik pengajaran clustering. Prestasi siswa dalam menulis hortatory exposition diukur dengan menggunakan tes menulis. Dalam mengevaluasi produk siswa, skor analitik oleh Jacob et al dalam Weigel (2002) akan digunakan untuk menilai produk tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa dalam menulis hortatory exposition yang diajar dengan menggunakan teknik pengajaran kolaboratif lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan teknik pengajaran clustering, dengan Fobs= 9,35>Ftab=3,97.

Downloads

Published

2023-02-10