Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 di SD Swasta GKPS II Pematang Siantar terhadap Proses Pembelajaran Daring dengan Metode Media-Video
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12228Abstract
Media video merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mampu membantu proses belajar mengajar baik dalam ruangan kelas maupun secara daring. Pandemi covid-19 sebelumnya memberi pengaruh besar terhadap perubahan proses pembelajaran. Dengan adanya media video harapannya pembelajaran pada masa pandemi saatitu mampu menjadi jembatan guna menyonggsong proses pembelajaran tetap berjalan. SD Swasta GKPS II merupan satu dari sekian banyak nya sekolah baik tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran secara daring di masa pandemi. Dimana media video mampu ditonton berkali-kali oleh peserta didik dan dipelajari secara berulang. Pada masa pandemi inilah peran orang tua dan guru menjadi sangat diutamakan terlebih dalam hal meningkatkan kedisiplinan siswa dari segala aspek, baik dalam mengerjakan tugas, kehadiran dan lainnya. Dengan adanya media video, harapannya bukan hanya pembelajaran online saja yang terbantu, melainkan dalam pembelajaran offline tentunya. Media video saat ini menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk digunakan dan menarik perhatian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa selama pembelajaran daring.Downloads
Published
2023-02-10
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).