Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 di SD Swasta GKPS II Pematang Siantar terhadap Proses Pembelajaran Daring dengan Metode Media-Video

Authors

  • Sabar Dumayanti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ester Paulina Zendrato Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hasrida Br Ambarita Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Putri Florensyah Budu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Herman Herman Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tumpal Manahara Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12228

Abstract

Media video merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mampu membantu proses belajar mengajar baik dalam ruangan kelas maupun secara daring. Pandemi covid-19 sebelumnya memberi pengaruh besar terhadap perubahan proses pembelajaran. Dengan adanya media video harapannya pembelajaran pada masa pandemi saatitu mampu menjadi jembatan guna menyonggsong proses pembelajaran tetap berjalan. SD Swasta GKPS II merupan satu dari sekian banyak nya sekolah baik tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran secara daring di masa pandemi. Dimana media video mampu ditonton berkali-kali oleh peserta didik dan dipelajari secara berulang. Pada masa pandemi inilah peran orang tua dan guru menjadi sangat diutamakan terlebih dalam hal meningkatkan kedisiplinan siswa dari segala aspek, baik dalam mengerjakan tugas, kehadiran dan lainnya. Dengan adanya media video, harapannya bukan hanya pembelajaran online saja yang terbantu, melainkan dalam pembelajaran offline tentunya. Media video saat ini menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk digunakan dan menarik perhatian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa selama pembelajaran daring.

Downloads

Published

2023-02-10