A Discourse Analysis of Teacher's Speech in Teaching Activities at SMP Negeri 5 Pematangsiantar

Authors

  • Puspita Tamansari Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Fenni Malau Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Artha Yuni Trimedia Situngkir Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eka Ria Oktavia Ginting Munthe Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Priscilia Grace Dorlya Hulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Herman Herman Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12224

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini melalui metode kualitatif dengan seorang guru bahasa Inggris di SMP Negeri 5 Pematangsiantar yang menjadi topik penelitian dan bertujuan untuk menganalisis (1) tuturan bahasa Inggris guru dalam kegiatan pengajaran (2) penyusunan kosa kata yang diterapkan. Data ditemukan dari observasi di kelas VIII dan wawancara guru. Hasil temuan adalah banyak masalah yang terkandung dalam pidato bahasa Inggris guru dalam kegiatan mengajar di SMP Negeri 5 Pematangsiantar antara lain; (1) penggunaan pidato bahasa Inggris guru sesuai dengan rencana pelajaran. Yang meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup; (2) guru menggunakan tuturan bahasa Inggris kemudian bahasa Indonesia karena bahasa Inggris siswa adalah (3) kosa kata yang biasa digunakan oleh guru yang membantu menghidupkan suasana dan menciptakan suasana santai dalam pembelajaran, sehingga tuturan bahasa Inggris guru akan lebih mudah untuk dipahami oleh siswa.

Downloads

Published

2023-02-10