Pengaruh Keaktifan Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.12208Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa, pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan pengaruh keaktifan belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan koefisien regresi sebesar 2,009, nilai thitung>ttabel yakni 12.827>2,048, dengan kontribusi keaktifan belajar sebesar 85% terhadap hasil belajar. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan diperoleh nilai dengan nilai t hitung>t tabel atau 9.967>2,048. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara keaktifan belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan nilai nilai F hitung 128.881>F tabel 3,33.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).