Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing

Authors

  • Hayatul Novita Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang
  • Ardi Ardi Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12170

Abstract

Pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran menekankan pada keaktifan peserta didik dalam penyelidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem sirkulasi yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata hasil validitas 93,2% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas oleh guru memiliki hasil 92,6% dengan kriteria sangat praktis dan uji praktikalitas oleh peserta didik memiliki hasil 93% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem sirkulasi untuk peserta didik kelas XI SMA memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2023-02-14