Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Konstruktivisme pada Konsep Massa Jenis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12149Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penerapan metode eksperimen berbasis konstruktivisme pada hasil belajar siswa materi massa jenis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda yang terdiri dar itiga alternative pilihan disertai alasan dan sampel yang dipilih secara Intact group. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh penurunan rata-rata persentase siswa dalam menjawab soal yaitu pre-test sebesar 71,44% dan post-test 37,10% dari 35 siswa. Selain itu terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran menggunakan metode eksperimen berbasis konstruktivisme dengan menggunakan uji statistik McNemar dimana ?2 hitung>?2tabel. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, didapatkan besar effect size yaitu 2,44. sesuai dengan kriteria Effect Size (ES) yaitu Es > 0,8 berkategori tinggi, maka penerapan metode eksperimen berbasis konstruktivisme efektif.Downloads
Published
2023-02-23
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Asmiati Asmiati, Ika Sari Fitriana, Roikhatul Janah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).