Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12148Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih minimnya kemampuan membaca dari siswa kelas III SDK Nita 1. Solusi yang diberikan adalah dengan menggunakan media big book dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDK Nita 1. Penelitian menggunakan rancangan penelitian one group pretest posttest design, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, menggunakan instrumen lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis (uji-t) diketahui harga thitung sebesar 6.826 serta ttabel dengan dk = 27 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,703., dimana diperoleh thitung > ttabel (6,826 > 1,703) sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas III SDK Nita 1.Downloads
Published
2023-02-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Matildis Dua Sareng, Desi Maria El Puang, Maria Herliyani Dua Bunga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).