Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Matildis Dua Sareng Universitas Nusa Nipa
  • Desi Maria El Puang Universitas Nusa Nipa
  • Maria Herliyani Dua Bunga Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12148

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih minimnya kemampuan membaca dari siswa kelas III SDK Nita 1. Solusi yang diberikan adalah dengan menggunakan media big book dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDK Nita 1. Penelitian menggunakan rancangan penelitian one group pretest posttest design, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, menggunakan instrumen lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis (uji-t) diketahui harga thitung sebesar 6.826 serta ttabel dengan dk = 27 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,703., dimana diperoleh thitung > ttabel (6,826 > 1,703) sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu  terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas III SDK Nita 1.

Downloads

Published

2023-02-20