Penerapan Muqhata’ah dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an pada Siswa Kelas VIII di Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh Cambodia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12132Abstract
Artikel ini membahas tentang problematika sebagian penghafal al-Qur’an adalah lupanya hafalan dari ingatan karena mengejar kuantitas. Dengan demikian, untuk memperoleh hafalan yang kuat membutuhkan metode tertentu dalam menghafalnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke “lapangan? untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu pendidikan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah media yang digunakan mudah difahami. Serta semangat para siswi dalam menghafal al-qur’an yang sangat tinggi dan juga bantuan dari teman-teman asramanya untuk menyimak hafalan siswi atau memuroja’ahkan hafalan siswi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muqhata’ah dalam meningkatkan hafalan qur’an Siswi kelas VIII di An-Nikmah Al-Islamiyah, untuk mengetahui faktor keberhasilan dan kelemahan penerapan metode Muqhata’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an. Faktor penghambat penerapan metode ini ialah kosentrasi siswi yang masih susah dikendalikan.Downloads
Published
2023-02-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Admal Jani AN, Robie Fanreza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).