Penerapan Muqhata’ah dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an pada Siswa Kelas VIII di Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh Cambodia

Authors

  • Admal Jani AN Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Robie Fanreza Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12132

Abstract

Artikel ini membahas tentang problematika sebagian penghafal al-Qur’an adalah lupanya hafalan dari ingatan karena mengejar kuantitas. Dengan demikian, untuk memperoleh hafalan yang kuat membutuhkan metode tertentu dalam menghafalnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke “lapangan? untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu pendidikan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah media yang digunakan mudah difahami. Serta semangat para siswi dalam menghafal al-qur’an yang sangat tinggi dan juga bantuan dari teman-teman asramanya untuk menyimak hafalan siswi atau memuroja’ahkan hafalan siswi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muqhata’ah dalam meningkatkan hafalan qur’an Siswi kelas VIII di An-Nikmah Al-Islamiyah, untuk mengetahui faktor keberhasilan dan kelemahan penerapan metode Muqhata’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an. Faktor penghambat penerapan metode ini ialah kosentrasi siswi yang masih susah dikendalikan.

Downloads

Published

2023-02-20