Urgensi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12074Abstract
Penelitian ini bertujuan agar ketika anak-anak memasuki usia remaja, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Anak sangat membutuhkan bimbingan dari orangtua dalam membumikan nilai-nilai Pancasila yang dapat di implementasikan melalui metode permainan serta metode lain yang menyenangkan bagi anak. Penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan Pendekatan analitis dan tafsiran yang bersifat teoritis dan hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai pancasila dapat ditanamkan pada anak sejak usia dini melalui metode permainan yang menyenangkan dan karyawisata. Berupa Kepercayaan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sikap sopan santun dan berperikemanusiaan, rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, menumbuhkan jiwa demokratis dan rasa keadilan, kejujuran, kebenaran dan menolong orang lain. Penelitian ini berupaya agar tumbuh generasi yang sehat, berilmu, cakap, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis dan berkarakter.Downloads
Published
2023-02-02
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).