Pengaruh Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dan Nilai Kebhinnekaan terhadap Hasil Belajar PKn Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12067Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran berbasis budaya lokal sumatra utara dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional; hasil belajar siswa yang memiliki nilai kebhinnekaan tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki nilai kebhinekaan rendah; dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan nilai kebhinekaan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 50 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar PKN dan angket tentang nilai-niai kebhinekaan. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf sig. ?=0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bajwa data ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dan nilai kebhinekaan berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa.Downloads
Published
2023-02-02
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).