Keefektifan Strategi Pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) terhadap Pembelajaran Menulis Teks Editorial
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.11985Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui keefektifan dari strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic), mengetahui kemapuan dan keterampilan para siswa dalam menulis teks editorial tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Mesuji Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan nilai rata-rata yang didapat dari Kelas Eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi RAFT sebesar 79 lebih besar yang dibandingkan dengan nilai rata-rata Kelas Kontrol sebesar 61 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, jadi selisih nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 18. Artinya kemapuan siswa dalam menulis teks editorial pada taraf dan tingkatan yang baik, yang disebabkan adanya keefektifan strategi pembelajaran RAFT. Berdasarkan hasil data perhitungan uji hipotesis diperoleh Thitung sebesar 2,05 dan dibandingkan dengan Ttabel dengan taraf signifikan 0,05 (5%) dengan dk 40, kemudian diperoleh harga dari Ttabel sebesar 2,021. Berarti didapat Thitung >Ttabel yaitu sebesar 2,05 > 2,021.Downloads
Published
2023-05-08
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elin Antika, Darwin v, Siti Rukiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).