Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Pendekatan Inkuiri terhadap Pengetahuan Peserta Didik

Authors

  • Fathimah Azzahra Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Yusni Atifah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui kebutuhan LKPD berbasis pendekatan inkuiri terhadap pengetahuan peserta didik pada materi Animalia. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu satu orang guru biologi yang mengajar kelas X dan 33 orang peserta didik di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Hasil penelitian yaitu (1) Pada materi Animalia, guru sudah menggunakan LKPD tetapi belum maksimal, (2) Materi Animalia sebagai materi yang memiliki materi yang kompleks untuk dipelajari lebih lanjut, (3) Peserta didik memiliki pengetahuan terhadap materi Animalia, dan (4) Pengetahuan peserta didik dalam mempelajari materi Animalia semakin bertambah sesuai dengan kemampuan peserta didik. Kesimpulan penelitian ini yaitu LKPD berbasis pendekatan inkuiri pada materi Animalia dibutuhkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran serta dapat mengasah keterampilan ilmiah peserta didik.

Downloads

Published

2023-02-14