PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISKURSUS MULTY REPRESENTATION DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Firdayani Firdayani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulhendri Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1190

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, model Diskursus Multy Representation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Diskurusus Multy Representation di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, ketuntasan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV hanya mencapai 18,19% dalam kategori kurang baik. Dalam melaksanakan siklus 1 Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 27,28 % kategori kurang baik. Siklus 1 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 45,46 % kategori kurang baik. Pada siklus 2 Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 63,63 % kategori kurang baik. Sedangkan dalam melaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90,90% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Diskursus Multy Representation dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar.

References

Agustina. (2019). “Penerapan Model Diskursus Multi Refresentasi (DMR) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Bangun Datar di Kelas IV SDâ€. Educare. Vol. 17,(2), hal 151-158.

Budarsini. K. P, dkk. (2018). “Model diskurusu multy representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 13, (2), hal 110-118.

Fitra, Y. S (2017). “ Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar†Universitas Pahlawan Tunaku Tambusai No. 23 Bangkinang. Jurnal Cendikia:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, (1).

Fitra, Y. S. ( 2018). “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota “ Universitas Pahlawan Tunaku Tambusai No. 23 Bangkinang. Jurnal Cendikia:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, (1).

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak. Vol. 7, (1), hal. 9-18.

Marta. R ( 2017). “ Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar†Universitas Pahlawan Tunaku Tambusai No. 23 Bangkinang. Vol 1(1).

Marta. R (2017). “ Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 008 Langgini Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Kancing Gemerincing†Vol. 7, (1).

Nari, N. (2015). “Kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometriâ€. Ta’dib. Vol 18, (2). 150-162.

Purwasih, R (2013). “ Pengaruh penggunaan model pembelajaran Multy Representasi DMR ( Diskursus Multy Representasi ) terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa. Skripsi. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Purwasih, R., dan Bernad, M. (2018). “Pembelajaran diskursus multi representasi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswaâ€. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 5 (1), hal 43-52.

Saraswati, Kristin, dan Anugraheni. (2018). “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model means ends analysis (MEA)

Downloads

Published

2020-09-30