Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pegang Aku (Gangku)

Authors

  • Melinda Puspita Sari Jaya universitas PGRI Palembang
  • Novalina Putri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11817

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan pegang aku dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Tahfidz Insan Madani Sriwijaya Palembang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik Pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa permainan pegang aku (GANGKU) yang suportif dan membimbing anak untuk bermain dan belajar dengan cara yang dapat dipahami dan diketahui oleh anak untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak agar berhasil. Disini anak dapat bertanya dan menjawab penjelasan yang diberikan, mengenal lambang bilangan, menyebutkan lambang bilangan 1-20 dan mengaitkan lambang bilangan dengan bilangan benda. Peningkatan tersebut terlihat pada kemampuan berhitung anak kelompok B tidak berkembang dengan baik pada kriteria siklus 1 dengan persentase 40% melalui bantuan permainan pegang aku (GANGKU), kemampuan berhitung anak meningkat 80% pada Siklus II, dimana permainan memegang menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga mendukung kriteria kemampuan berhitung sangat baik.

Downloads

Published

2023-03-18