Maksimalisasi Evaluasi Pendidikan Bimbingan Konseling

Authors

  • Eni Rakhmawati Institut Agama Islam Bakti Negara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11816

Abstract

Penilaian menjadi bagian yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Praktis, sikap dan tindakan juga tidak mungkin diambil. Evaluasi berusaha untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan, sehingga evaluasi memiliki peran yang tidak kecil dalam studi Islam jika dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun landasan teori dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling secara utuh meliputi: 1) pengertian evaluasi program, 2) komponen program bimbingan dan konseling, 3) pengertian evaluasi program bimbingan dan konseling.

Downloads

Published

2023-02-06