Meta-Analisis Validitas Booklet pada Materi Fungi untuk Peserta Didik Kelas X MA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11785Abstract
Inovasi dalam media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran salah satunya adalah booklet. Media booklet berisi informasi dengan pembahasan topik tertentu didalamnya. Dalam proses pembelajaran ada beberapa materi yang sulit dipahami oleh peserta didik sehingga adanya media booklet dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Media booklet ini dapat digunakan peserta didik secara mandiri serta penerapannya diharapkan dapat membantu dalam memahami materi pembelajaran yaitu fungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keabsahan booklet pada materi fungi sebagai tambahan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode meta- analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis jurnal- jurnal yang berhubungan dengan booklet. Sampel yang digunakan adalah 15 jurnal yang berkaitan dengan pengembangan booklet. Hasil meta-analisis penelitian adalah untuk media pembelajaran berupa booklet didapatkan sebesar 88,01% dengan kategori sangat valid. Dengan itu, dari hasil meta-analisis penelitian ini diharapkan validitas Booklet pada Materi Fungi untuk Peserta Didik Kelas X MA diperoleh kriteria sangat valid.Downloads
Published
2023-02-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fan'Giana Safitri, Lufri Lufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).