Meta-Analisis Validitas Booklet pada Materi Fungi untuk Peserta Didik Kelas X MA

Authors

  • Fan'Giana Safitri Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11785

Abstract

Inovasi dalam media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran salah satunya adalah booklet. Media booklet berisi informasi dengan pembahasan topik tertentu didalamnya. Dalam proses pembelajaran ada beberapa materi yang sulit dipahami oleh peserta didik sehingga adanya media booklet dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Media booklet ini dapat digunakan peserta didik secara mandiri serta penerapannya diharapkan dapat membantu dalam memahami materi pembelajaran yaitu fungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keabsahan booklet pada materi fungi sebagai tambahan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode meta- analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis jurnal- jurnal yang berhubungan dengan booklet. Sampel yang digunakan adalah 15 jurnal yang berkaitan dengan pengembangan booklet. Hasil meta-analisis penelitian adalah untuk media pembelajaran berupa booklet didapatkan sebesar 88,01% dengan kategori sangat valid. Dengan itu, dari hasil meta-analisis penelitian ini diharapkan validitas Booklet pada Materi Fungi untuk Peserta Didik Kelas X MA diperoleh kriteria sangat valid.

Downloads

Published

2023-02-20