Pengaruh Peningkatan Keaktifan Siswa terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SD dalam Pembelajaran dengan Media Audiovisual

Authors

  • Yoga Adistya Sri Lesmoyo Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Sri Surachmi Universitas Muria Kudus
  • Yogi Ageng Sri Legowo Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11323

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan keaktifan siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa SD N Sampangan 01 Semarang. Jenis penelian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi dengan harapan dapat menggambarkan pengaruh peningkatan keaktifan siswa terhadap peningkatan hasil belajar ipa siswa sd dalam pembelajaran dengan media audiovisual. Berdasarkan uji SPSS 26, dapat disimpulkan ada pengaruh variabel peningkatan keaktifan siswa terhadap variabel peningkatan hasil belajar IPA siswa SD dalam pembelajaran dengan media audiovisual dengan nilai signifikan 0,001<0,05; pengaruh variabel peningkatan keaktifan siswa terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 24,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain; dan besar pengaruh variabel peningkatan keaktifan siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SD dalam pembelajaran dengan media audiovisual dapat dirumukan dalam bersamaan Y=-0,107+1,06 X.

Downloads

Published

2023-03-29