Pengaruh Peningkatan Keaktifan Siswa terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SD dalam Pembelajaran dengan Media Audiovisual
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11323Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan keaktifan siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa SD N Sampangan 01 Semarang. Jenis penelian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi dengan harapan dapat menggambarkan pengaruh peningkatan keaktifan siswa terhadap peningkatan hasil belajar ipa siswa sd dalam pembelajaran dengan media audiovisual. Berdasarkan uji SPSS 26, dapat disimpulkan ada pengaruh variabel peningkatan keaktifan siswa terhadap variabel peningkatan hasil belajar IPA siswa SD dalam pembelajaran dengan media audiovisual dengan nilai signifikan 0,001<0,05; pengaruh variabel peningkatan keaktifan siswa terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 24,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain; dan besar pengaruh variabel peningkatan keaktifan siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SD dalam pembelajaran dengan media audiovisual dapat dirumukan dalam bersamaan Y=-0,107+1,06 X.Downloads
Published
2023-03-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yoga Adistya Sri Lesmoyo, Nur Fajrie, Sri Surachmi, Yogi Ageng Sri Legowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).