The Role of Boarding Schools in Student Moral Development
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11286Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana akhlak pada santri. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak santri. Fokus penelitian ini yaitu peran Pembina asrama dalam membina serta meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan para santri yang berasal dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda tentunya tidak akan mudah bagi seorang Pembina asrama dalam mengajak dan mengarahkan. Namun dalam proses meningkatkan kedisiplinan para santri, Pembina asrama harus memiliki beberapa metode yang dapat digunakan untuk diterapkan kepada santri. Dengan adanya beberapa metode yang digunakan tersebut maka akan terwujudlah sebuah kedisiplinan yang sesuai seperti yang diharapkan. Karena Pembina asrama mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan santri agar tetap disiplin dalam beribadah terutama dalam sholat berjamaah dimasjid.Downloads
Published
2023-01-09
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).