Analisis Karakteristik Program Pengayaan dan Akselerasi untuk Peserta Didik Berbakat dan Bertalenta pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Afifah Zafirah Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Neviyarni Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Fauzan Universitas Negeri Padang
  • Yerizon Yerizon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11248

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika, lembaga pendidikan telah berfokus pada pendidikan dan pengembangan anak-anak berbakat dan bertalenta. Banyak kolaborasi di bidang pendidikan untuk membuat strategi pendidikan bagi peserta didik berbakat. Namun, program dan kurikulum yang diberikan belum sesuai untuk anak berbakat intelektual di bidang matematika. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengevaluasi program dan kurikulum matematika yang dapat diterapkan di Indonesia berdasarkan berbagai pendekatan diferensiasi pada peserta didik dan model-model kurikulum matematika untuk anak berbakat. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan mengumpulkan referensi terkait anak berbakat di bidang matematika melalui telaah dokumen artikel, kurikulum, dan buku teks matematika. Hasil temuan memberikan deskripsi mengenai program akselerasi dan pengayaan yaitu Projek M3 (Mentoring Mathematical Minds), Curriculum Differentiation Approach, dan Model Autonomous Learner Betts. Program-program yang ditawarkan merupakan program untuk meningkatkan prestasi, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan berpikir kritis para peserta didik berbakat.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika, lembaga pendidikan telah berfokus pada pendidikan dan pengembangan anak-anak berbakat dan bertalenta. Banyak kolaborasi di bidang pendidikan untuk membuat strategi pendidikan bagi peserta didik berbakat. Namun, program dan kurikulum yang diberikan belum sesuai untuk anak berbakat intelektual di bidang matematika. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengevaluasi program dan kurikulum matematika yang dapat diterapkan di Indonesia berdasarkan berbagai pendekatan diferensiasi pada peserta didik dan model-model kurikulum matematika untuk anak berbakat. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan mengumpulkan referensi terkait anak berbakat di bidang matematika melalui telaah dokumen artikel, kurikulum, dan buku teks matematika. Hasil temuan memberikan deskripsi mengenai program akselerasi dan pengayaan yaitu Projek M3 (Mentoring Mathematical Minds), Curriculum Differentiation Approach, dan Model Autonomous Learner Betts. Program-program yang ditawarkan merupakan program untuk meningkatkan prestasi, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan berpikir kritis para peserta didik berbakat.

Downloads

Published

2023-02-04