Upaya Meningkatkan Aktitivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Alat Peraga Kubus Satuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10845Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada indikator menghitung volume balok dan kubus. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SD Negeri Sukadame 2 dan sebagai sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukadame 2. Data yang digunakan sebagai analisis data diperoleh dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan pengamat yang berupa hasil tes formarif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar Matematika bagi anak SD berguna untuk kepentingan hidup dalam lingkungannya, untuk mengembangkan pola pikirnya dan banyak yang dijumpai di lingkungan siswa sebagai sumber belajar, sebagai contoh bentuk-bentuk dan ukuran bangun ruang bekas bungkus barang.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).