Analisis Butir Soal Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Topik Sistem Periodik Unsur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10800Abstract
Suatu instrumen penilaian hendaklah memenuhi kriteria layak dan baik untuk digunakan dalam proses penilaian pencapaian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal keterampilan proses sains secara kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode penelitian campuran. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA yang berjumlah dua kelas yang dipilih secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sepuluh butir soal keterampilan proses sains pada topik sistem periodik unsur secara analisis kualitatif menurut penilaian ahli dan guru memenuhi kategori layak. Analisis kuantitatif daya beda menunjukkan bahwa 6 butir soal berada pada kriteria sedang dan 4 soal berada pada kriteria tinggi. Tingkat kesukaran sepuluh butir soal ini menunjukkan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa sepuluh butir soal keterampilan proses sains untuk topik sistem periodik unsur adalah soal yang layak dan baik untuk digunakan pada proses penilaian.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Muchsin Jayali, Elsa Sriwahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).