Analisis Butir Soal Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Topik Sistem Periodik Unsur

Authors

  • Ahmad Muchsin Jayali Universitas Khairun
  • Elsa Sriwahyuni Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10800

Abstract

Suatu instrumen penilaian hendaklah memenuhi kriteria layak dan baik untuk digunakan dalam proses penilaian pencapaian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal keterampilan proses sains secara kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode penelitian campuran. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA yang berjumlah dua kelas yang dipilih secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sepuluh butir soal keterampilan proses sains pada topik sistem periodik unsur secara analisis kualitatif menurut penilaian ahli dan guru memenuhi kategori layak. Analisis kuantitatif daya beda menunjukkan bahwa 6 butir soal berada pada kriteria sedang dan 4 soal berada pada kriteria tinggi. Tingkat kesukaran sepuluh butir soal ini menunjukkan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa sepuluh butir soal keterampilan proses sains untuk topik sistem periodik unsur adalah soal yang layak dan baik untuk digunakan pada proses penilaian.

Downloads

Published

2022-12-31